admin/ September 9, 2018/ Ulasan

Kamu sebagai pelajar dan atau mantan pelajar pasti tidak asing dengan kata BP/BK, mungkin yang terlintas dipikiranmu ketika mendengar kata tersebut adalah guru killer dengan tampang galak dan siap main tangan ketika kamu salah jawab, atau lebih menyeramkan lagi seperti polisi di ruang interogasi yang akan menanyai kamu seputar masalah pribadimu dan teman-teman kelasmu untuk mengorek-ngorek seputar kesalahan yang kalian lakukan dan siap menghukum mati jika terbukti salah hahaha.

Jauh berbeda dengan bayanganmu seperti di atas, ternyata fungsi bimbingan konseling khususnya lebih mulia dari itu semua loh. Ketika kamu masuk ke ruang BK atau bimbingan konseling berarti kamu sedang berada dalam posisi sebagai konseli, sedangkan guru yang menanganimu adalah sebagai konselor, dan bimbingan konseling adalah proses interaksi baik secara langsung ataupun tidak langsung antara konselor kepada konseling untuk menumbuhkan potensi ataupun menyelesaikan masalah yang ada dalam dirinya seperti yang dilakukan sebuah jasa SEO murah terhadap website klien nya.

Apa itu Bimbingan Konseling dan Apa Tugasnya

Sampai tulisan ini apakah sudah cukup merubah pandanganmu terhadap BK? Jika belum, mari kita ulas fungsinya. Fungsi dari bimbingan konseling sendiri seperti yang kami tulis di atas adalah untuk menumbuhkan potensi yang mungkin belum disadari oleh si konseli, mengapa demikian? Karena mungkin pada usia pelajar kita belum cukup mampu untuk menemukan potensi yang kita miliki dan dapat kita kembangkan karena pola pikir kita yang masih belum terbentuk. Di sini lah fungsi konselor dengan berbagai metodenya untuk mengajak konseli menyadari dan menemukan potensi dan bakatnya secara alami yang nantinya dapat dikembangkan.

Selain itu fungsi BK yang lain adalah menyelesaikan masalah konseli yang ada dalam dirinya. Banyak orang pada usia pelajar kadang tidak mampu menyerap pelajaran dengan baik, bukan karna tidak pintar, bukan karna IQ nya jongkok, bukan pula karena dia malas, tetapi kadang dia tengah menghadapi masalah pada dirinya, bisa berupa tekanan mental, psikis yang terguncang, dan lain-lain yang membuat dia tidak bisa fokus dalam menerima pelajaran. Untuk itulah adanya bimbingan konseling diadakan, karena memang kadang-kadang konseli tidak menyadari hal yang bermasalah pada dirinya, beranggapan bahwa semuanya baik-baik saja padahal di balik itu mungkin saja kejiwaan nya sedang terganggu.

Apa itu Bimbingan Konseling dan Apa saja Tugasnya

Lalu bagaimana itu semua bisa bekerja? Yang perlu dilakukan konseli hanya menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan oleh konselor, tenang saja pertanyaan yang ditanyakan mungkin sedikit pribadi tapi itu semua memang perlu ditanyakan agar konselor mendapat data yang akurat untuk menindaklanjutinya. Dan sebagai konseli kamu tidak perlu ragu menjawabnya karna dalam bimbingan konseling menggunakan asas kerahasian yang menjamin kerahasiaan masalah-masalahmu dan hanya akan diberitahukan kepada orang-orang yang bertanggungjawab atas si konseli.

Demikian ulasan singkat kami mengenai bimbingan konseling dan fungsinya, semoga dapat membantu mengubah pandangan horrormu terhadap BP/BK khususnya bimbingan konseling, terimakasih.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
Share this Post