Apakah Ujian Nasional Masih Perlu Untuk Dipertahankan?

admin/ June 7, 2019/ Opini, Pengetahuan

harborcollege – Polemik terkait perlu dan tidaknya diadakan Ujian Nasional memang kembali mencuat. Hal ini memang tengah hangat diperbincangkan, apakah para peserta didik di Indonesia wajib untuk melakukannya ataukah sudah tidak lagi?

Bagi para pelajar, setiap kali mendengar akan datangnya ujian nasional rasanya sudah seperti genderang perang yang sudah siap untuk ditabuh. Seperti dunia ini rasanya sudah mau kiamat sehingga para pelajar pun harus belajar mati – matian agar nantinya bisa mendapatkan predikat Lulus.

Tertekan dan terbebani merupakan keadaan yang dihadapi oleh para siswa tingkat akhir yang akan menghadapi ujian nasional. Hal ini cukup rasional sebab ujian nasional merupakan syarat kelulusan yang bisa menyangkut terhadap masa depan mereka, sehingga mau tidak mau harus bisa mempersiapkan diri dengan sebaik – baiknya.

Pada saat bersamaan, beban yang mereka rasakan pun cukup berat menjelang berlangsungnya ujian nasional. Persiapan ujian sekolah, tugas – tugas sekolah, pastinya juga membuat para siswa menjadi semakin terbebani. Karena itulah, ada saja siswa yang merasa tidak bisa mempersiapkan dirinya secara maksimal dalam menghadapi ujian nasional.

Tidak hanya itu saja, kurangnya waktu persiapan juga bisa menjadi masalah. Setiap siswa yang menghadapi ujian nasional, mau tidak mau harus menguasai materi di setiap mata pelajaran yang nantinya akan menjadi bahan ujian.

Baca Juga : Teknik Membaca Cepat untuk Siswa SD Agar Mudah Diingat

Karena itulah, sering kali kita menjumpai adanya tindakan kecurangan pada saat berlangsungnya ujian nasional. Hal ini tidak saja dilakukan oleh para siswa, sebab pihak guru pun ada yang membantu berbuat curang agar bisa membantu para siswa untuk lulus dari ujian nasional.

Hal ini membuktikan bahwasannya banyak cara yang dilakukan oleh pihak – pihak yang terlibat dalam ujian nasional demi mendapatkan predikat ‘lulus’. Mereka tidak peduli lagi akan proses belajar yang ditempuh selama bertahun – tahun sebab mereka hanya peduli dengan hasil dari ujian nasional saja.

Apabila dipikir secara rasional, untuk apa sekolah selama bertahun – tahun, mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, jika pada akhirnya saat ujian dilewati dengan jalan mencontek. Bahkan yang lebih parahnya lagi ada juga yang sampai membeli soal demi mendapatkan predikat ‘lulus’.

Apabila demikian, siswa pun bisa saja mengikuti ujian nasional tanpa harus mengikuti proses pembelajaran terlebih dahulu, sebab pelajaran yang dipelajari selama bertahun – tahun seolah tak ada gunanya.

Memang seolah kurang adil rasanya bila sekolah selama bertahun – tahun namun hanya ditentukan dalam kurun waktu beberapa hari saja saat ujian nasional. Namun sebenarnya, bukan ujian nasional yang harusnya dipermasalahkan tetapi bagaimana proses menghadapinya.

Apabila dilihat dari pembahasan di atas, bisa dikatakan jika pendidikan di Tanah Air ini masih berorientasi pada hasil akhirnya bukan mementikan prosesnya. Sebab, ketika berhadapan dengan ujian nasional, pasti selalu berupaya sebisa mungkin demi mengejar predikat lulus. Apakah pendidikan di Indonesia akan terus seperti ini? Apakah sebaiknya ujian nasional ditiadakan saja?

 

  •  
  •  
  •  
Share this Post