Cara Mengatasi Lagging Ketika Nonton Movie Online

admin/ December 28, 2018/ Tips dan Panduan

harborcollege.org – Video online berguna untuk aksesibilitasnya yang mudah, tetapi masalah pemuatan yang lambat atau lagging dapat mengubah kenyamanan dalam Nonton Film tersebut. Masalah yang menyebabkan video lag mungkin tidak selalu langsung terlihat, tetapi dengan beberapa peramban dan pemecahan masalah peranti lunak, Anda biasanya bisa mendapatkan video apa pun untuk dimuat dan diputar dengan benar.

Tips Mengatasi Lagging Nonton Movie Online

Ketika kegiatan Nonton Film kita terganggu hanya gara-gara lagging atau gambar patah-patah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Hapus Data Sementara

Jika Anda membiarkan peramban Anda terbuka untuk jangka waktu yang lama, ia dapat mengumpulkan banyak data sementara (temporary), terutama jika Anda mengunjungi banyak situs web yang berbeda.

Beberapa browser juga mungkin memiliki masalah kebocoran memori, yang pada dasarnya ketika browser mulai mengambil lebih banyak memori komputer daripada yang seharusnya. Untuk mengatasi ini, hapus data sementara browser Anda, seperti cache dan cookie, dan tutup semua tab yang tidak perlu dibuka.

Restart dan Switching

Jika hanya membersihkan data sementara tidak berfungsi, coba restart browser Anda sepenuhnya. Ini dapat mengatasi masalah kebocoran memori dan membantu browser secara keseluruhan berjalan lebih efisien. Jika masalah berlanjut, lakukan pemecahan masalah dengan mencoba melihat video yang sama di browser lain. Ini setidaknya akan membantu Anda menentukan apakah masalahnya adalah masalah situs atau terbatas hanya pada satu browser.

Browser yang paling direkomendasikan adalah Google Chrome karena memiliki fitur add-ons dan plugin unggulan.

Browser kedua yang paling direkomendasikan adalah Firefox, karena browser ini terbukti memiliki tingkat update tercepat, sehingga hampir tidak ada bug yang muncul.

Tutup Program yang Tidak Diperlukan

Jika RAM komputer Anda terbatas, menjalankan terlalu banyak program lain saat mencoba menonton video dapat mengganggu kinerja video.

Beberapa video akan berjalan menggunakan mesin pemutar video seperti menggunakan Flash Player,  tetapi mungkin juga membutuhkan perangkat keras komputer Anda, terutama jika Anda mengaktifkan akselerasi perangkat keras. Tutup semua program yang tidak Anda perlukan, kemudian coba lihat videonya lagi. Jika perlu, coba nonaktifkan akselerasi perangkat keras dengan mengklik kanan di dalam jendela video, klik “Pengaturan,” lalu batalkan pilihan akselerasi perangkat keras.

Biarkan Video Buffering Terlebih Dulu

Jika koneksi internet Anda lambat, video Anda mungkin kesulitan untuk mengunduh dan memutar secara bersamaan. Hal ini sering dapat diperbaiki dengan menjeda video dan menunggu bilah progres penyangga untuk menjangkau sebelum lokasi Anda saat ini. Setelah video dapat diputar melalui apa yang sudah disangga, itu akan diputar lebih lancar.

Rekomendasi waktu jeda terbaik adalah 5 – 10 menit. Atau, anda juga bisa menggunakan Add-Ons browser yang mengizinkan buffering terlebih dahulu hingga tingkat tertentu sebelum video mulai diputar.

 

Baca juga : Mata Pelajaran Favourite di SMA

  •  
  •  
  •  
Share this Post