Tips dan Langkah Mudah Riset Keyword untuk Menentukan Keyword yang Tepat bagi Pemula

admin/ May 28, 2019/ Serba-serbi

Memilih dan menentukan keyword yang tepat sangat penting dan wajib bagi keberlangsungan blog. Karena apabila memilih keyword yang tidak tepat ujung-ujungnya blog bisa sepi pengunjung. Oleh karena itu, riset untuk memilih keyword sangat penting dilakukan.

Tapi sebelum membahas riset keyword, apa sebenarnya keyword itu sendiri? Keyword atau kata kunci adalah yang digunakan untuk mencari informasi di search engine atau mesin pencari. Misalkan, jika Anda mengetikkan “hp Android terbaru” tentunya daftar website yang muncul memberi informasi mengenai hp Android terbaru.

Keywords ilustrasi

Jika keyword yang diketikkan semakin panjang, itu berarti semakin spesifik pula informasi yang akan dicari.

Maka dari itu, Anda perlu sekali melakukan riset keyword agar Anda tahu kata kunci apa yang sering diketikkan oleh orang-orang di mesin pencari agar pengunjung ke blog Anda semakin meningkat.

Dengan riset keyword, Anda bisa tahu kira-kira topik Anda yang perlu dibuat dan diterbitkan. Sehingga nantinya, akan ada pengunjung yang tepat yang mampir ke blog. Riset keyword juga bisa berguna untuk mengukur potensi keyword apakah layak atau tidak untuk dioptimasi.

Selain itu, melakukan riset keyword bisa membantu untuk mengetahui kompetitor atau website pesaing yang ada. Sehingga kita tahu kekuatan mereka hingga strategi yang mereka jalankan. Oleh karena itu, riset keyword bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi-informasi yang ada.

Baca juga : Inilah Keuntungan Menggunakan Aplikasi Bimbingan Belajar Online yang Wajib Diketahui

Lalu, jika Anda merasa sebagai pemula, bagaimana agar bisa riset keyword agar dapat menentukan keyword yang tepat?

Sebelum memilih keyword, Anda harus mencari terlebih dahulu benih keyword atau keyword turunan, yaitu keyword yang akan digunakan untuk menemukan keyword lain. Cari saja berbagai kata, satu atau dua, terkait topik di blog Anda atau konten yang akan dibuat.

Setelah itu, Anda perlu bantuan tools pencari keyword, ada beberapa yang bisa Anda gunakan seperti Ubbersuggest, keywordshitter, keywordtool, dll. Setelah memasukkan kata kunci di tools tersebut, Anda akan disuguhkan daftar keyword sesuai yang Anda tulis.

Setelah mendapatkan seluruh keyword dari tools tersebut, Anda perlu menggunakan Google Adword Keyword Planner untuk menganalisis jumlah pencarian keyword tersebut. Setelah mendapat data mengenai jumlah pencarian tersebut, Anda bisa langsung memilih keyword yang bagus berdasar jumlah pencarian yang diinginkan.

Jika Anda juga ingin menganalisis mengenai tingkat persaingan di search engine google, Anda bisa menggunakan extensi browser, misalnya SEOQuake atau MozBar.

Untuk memilih keyword yang persaingannya tidak terlalu sulit, lebih baik untuk tidak memilih keyword dengan jumlah pencarian diatas satu juta. Selain itu, untuk keyword dari website otoriatas seperti Wikipedia atau web dengan pagerank diatas 5 lebih baik juga jangan dipilih.

Riset keyword sangat penting dilakukan untuk memilih dan menentukan keyword yang tepat bagi konten blog Anda. Semakin baik keyword yang Anda tentukan, maka pengunjung blog Anda bisa semakin meningkat dan tentunya bisa semakin menguntungkan Anda.

  •  
  •  
  •  
Share this Post